SMP NEGERI 5 MENYONGSONG ADIWIYATA TINGKAT PROVINSI



Selangkah lagi SMP Negeri 5 Kandis mendapatkan predikat sebagai Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup atau Adiwiyata Tingkat Provinsi. Hal ini dipastikan setelah tim penilai Adiwiyata tingkat Kabupaten Riau mengunjungi SMP Negeri 5 Kandis dan memberikan penilaian yang baik sehingga berhak lolos ke penilaian tingkat Propinsi, Kamis. Penilaian tersebut meliputi empat komponen yakni menilai fisik dan dokumen yang memuat kebijakan yang berbasis lingkungan hidup, partisipasi, kurikulum yang berbasis kompetensi, dan sarana prasarana yang mendukung terlaksananya sekolah Adiwiyata tersebut.

Posisi sekolah yang jauh dari pusat kecamatan ternyata tidak menjadi penghalang untuk berbuat lebih dan memperoleh prestasi bergengsi. SMP Negeri 5 Kandis yang berada di  Dusun Garut, Desa Belutu,  yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kecamatan Kandis memang telah menyiapkan diri jauh sebelum penilaian Sekolah Berwawasan Lingkungan diadakan. Selain kurikulum sekolah yang memuat materi berbasis lingkungan, yaitu mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup, SMP Negeri 5 Kandis juga telah menunjukkan partisipasi kepedulian lingkungan dengan membagikan dan menanam Pohon Trembesi, tanaman buah, tanaman hias di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Kandis dalam rangka penyelamatan lingkungan dari ancaman Global Warming. Selain itu, SMP Negeri 5 Kandis juga memiliki sarana dan prasarana yang mendukung Sekolah Adiwiyata, sekaligus sebagai wahana praktikum siswa, seperti:  green house  sebagai tempat pembibitan berbagai jenis tanaman, kebun sayur sekolah sebagai agro edukatif, serta pembudidayaan tanaman obat keluarga (TOGA).

Sarana yang dimiliki sekolah bisa dimanfaatkan siswa sebagai pembelajaran langsung untuk mengenali dan memanfaatkan lingkungan secara ramah, dan berpotensi ekonomi sekaligus memacu semangat entrepreneur siswa. Langkah ini ke depannya diharapkan bisa merubah pola pikir masyarakat, khususnya pelajar, sehingga paradigma sekolah untuk mencari kerja,  berubah menjadi sekolah untuk mencipta lapangan kerja di era persaingan global ini.

Untuk menjadi sekolah berpredikat Adiwiyata Propinsi memang tidak mudah, masih banyak hal yang harus ditingkatkan oleh SMP Negeri 5 Kandis, antara lain perapihan dokumen serta kerjasama dengan instansi lain dalam program lingkungan hidup. Diharapkan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbaiki segala hal yang dianggap masih lemah. Kerja keras Tim Adiwiyata patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak demi terwujudnya hal yang lebih besar yaitu terciptanya budaya cinta lingkungan oleh seluruh warga SMP Negeri 5 Kandis.